KURA KURA BELAWA CIREBON, Kurang Promosi

Ditulis oleh: -

SUMBER, (PRLM).- Objek wisata kura-kura Belawa dari waktu ke waktu relatif sepi. Diperlukan promosi khusus yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Cirebon untuk kembali menghidupkan wisata kura-kura langka tersebut yang dianggap bisa mengangkat roda perekonomian warga dan pendapatan daerah.
Selain itu, diperlukan pula campur tangan aktif dari pemerintah untuk tetap menjaga kelangsungan hidup kura-kura Belawa.
Saat ini, di objek wisata kura-kura Belawa hanya terdapat sekitar 50 ekor kura-kura Belawa (Aquatic Tortose Ortilia Norneensis) dewasa, kura-kura usia 1 tahun (10 ekor), usia 2 tahun (20 ekor), dan usia 3 tahun sekitar 23 ekor. Jumlah tersebut merupakan jumlah kura-kura yang selamat dari serangan penyakit yang menimpa kura-kura Belawa pada 2010 silam. Saat itu, sedikitnya 300 kura-kura dewasa mati akibat penyakit yang disebabkan jamur jenis Saprolegnia sp dan bakteri jenis Edwardsiella tarda (HPIK golongan II), dan Aeromonas veronii.
Menurut salah seorang pengurus di objek wisata tersebut, Dayat (40), jumlah pengunjung yang melancong ke objek wisata tersebut tidak lebih dari 25 orang dalam satu pekan. Kondisi tersebut sangat berbeda jauh dengan kondisi sebelum 2010 yang mampu menyedot pengunjung hingga ratusan orang dalam satu pekan.
“Kalau sekarang pengunjungnya sepi, beda sebelum kejadian 2010 lalu. Bisa dilihat, saat akhir pekan saja pengunjung bisa dihitung dengan jari, jarang sekali rombongan hanya beberapa motor yang terparkir. Sangat diperlukan sekali perhatian pemerintah berupa promosi objek wisata kura-kura yang hanya terdapat di Desa Belawa ini. Kura-kura ini kan setidaknya menjadi ciri khas Cirebon,” ungkap Dayat saat ditemui di objek wisata Kura-kura Belawa, Desa Belawa Kecamatan Lemah Abang, Kabupaten Cirebon, Minggu (15/7).
Padahal, dikatakan Dayat, jarak dari pusat Kabupaten Cirebon ke objek wisata tersebut hanya sekitar 20 kilometer atau bisa ditempuh sekitar 1,5 jam menggunakan sepeda motor dengan kecepatan normal. Saat disinggung mengenai tarif yang dipatok pengelola kepada setiap pengunjung, diungkapkan Dayat, pengunjung hanya dikenakan tiket masuk sebesar Rp 2.000. Akan tetapi, dari besaran tarif tersebut, pengunjung seakan masih merasa keberatan.
“Banyak pengunjung yang seakan ngedumel (ngomel) datang ke objek wisata ini hanya melihat air dalam kolam saja, seakan tidak ada kura-kura langka yang digembor-gemborkan. Padahal, kura-kura Belawa itu memang ada di sini,” katanya.
Diakui pula oleh pengunjung yang ditemui di lokasi objek wisata, Johari (27). Dirinya merasa kecewa tidak bisa melihat kura-kura langka yang menjadi ciri khas Cirebon itu. “Mungkin jumlahnya yang sedikit, jadi tidak bisa sewaktu-waktu kita melihat kura-kura ini. Kalau dulu kan saat jumlahnya masih banyak, sewaktu-waktu kita bisa melihat kura-kura jenis ini,” katanya.
Namun, untuk mengurangi rasa kekecewaannya itu, Johari yang saat itu berkunjung bersama keluarganya mengunjungi Museum Kura-kura Belawa yang masih terletak di dalam kompleks objek wisata. Di museum kura-kura Belawa itu, pengunjung bisa melihat kura-kura Belawa yang berhasil diawetkan. Dengan demikian, pengunjung masih bisa melihat fisik kura-kura Belawa secara nyata. “Untungnya ada museum kura-kura Belawa, jadi kita bisa mengetahui fisik kura-kura ini,” ungkap Johari.
Berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun, kura-kura Belawa adalah hewan endemik Cirebon. Kura-kura Belawa mempunyai ciri khas tersendiri dibandingkan dengan kura-kura yang ada di Indonesia pada umumnya. Membedakan usia kura-kura ini mampu dilihat dari warna tempurungnya. Kura-kura yang berusia kurang dari 40 tahun, tempurungnya keabu-abuan. Sedangkan kura-kura yang berumur lebih dari 40 tahun, kulitnya hitam polos dengan tempurung cekung. Berat kura-kura pada usia ini bisa
mencapai 15 hingga 50 kilogram.
Ciri fisik lainnya yang paling menonjol dari kura-kura ini yakni kura-kura ini mempunyai moncong hidung yang panjang. Maka, tidak salah apabila kura-kura ini disebut-sebut sebagai kura-kura yang mempunyai indera penciuman yang tajam. 


0 comments "KURA KURA BELAWA CIREBON, Kurang Promosi", Baca atau Masukkan Komentar

Post a Comment